Tuesday, June 29, 2010




SAN FRANSISCO - Untuk pertama kalinya, Google Chrome berhasil melampaui Safari di pasar browser internet di AS. Google menduduki posisi ketiga sebagai browser yang paling banyak digunakan di AS.

"Ini merupakan pencapaian yang cukup berarti bagi Google, yang memulai semuanya dari nol menjadi penguasa 10 persen pangsa pasar browser di AS dalam kurun kurang dari dua tahun," ujar CEO StatCounter Aodhan Cullen, seperti dikutip melalui Straits Times, Selasa (29/6/2010).

Menurut Cullen, pencapaian ini merupakan hal yang cukup menarik mengingat Google selama ini memang selalu berseteru dengan Apple, baik di pasar browser maupun ponsel. Jika browser Google harus bersaing ketat dengan Apple Safari maka sistem operasi Android Google harus bersaing ketat dengan OS iPhone.

Ditemukan StatCounter, Chrome saat ini telah menguasai sekira 8,97 persen pasar browser di AS, berada di atas Safari dengan 8,88 persen. Dalam waktu dua bulan, Safari telah kehilangan sekira 1,5 persen pangsa pasarnya di AS.

Untuk posisi teratas, Internet Explorer masih mendominasi dengan pangsa pasar sekira 52 persen. Sedangkan browser milik Mozilla, Firefox menduduki tempat kedua dengan marketshare 28,48 persen.

Di pasar browser global, Chrome juga menduduki peringkat ketiga dengan marketshare 9,44 persen. Firefox menduduki posisi kedua dengan 31 persen pangsa pasar, dan Microsoft Internet Explorer di posisi teratas dengan 52,78 persen.

Categories:

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.