Thursday, June 17, 2010




Seiring berkembangnya teknologi , tentunya akan semakin banyak penemuan yang mempermudah pekerjaan manusia. Dan tentunya teknologi itu pula yang menyediakan alternatif dan solusi dari suatu masalah.

Yang akan saya bahas kali ini mengenai Kertas , Kertas yang kita ketahui berasal dari Serat Kayu dari Pohon merupakan salah satu hal yang sering diperdebatkan dalam beberapa forum mengenai penggunaannya dan dampak yang diberikan dari penggunaan kertas tersebut.

Bayangkan saja Kertas yang ditemukan sejak berabad - abad lalu telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita . Namun , apakah kita akan terus menerus mempergunakan kertas sebagai alat untuk mengungkapkan suatu hal.

Lalu bagaimana dengan pohon kita ? Lingkungan kita ? Apakah kita akan terus membiarkannya di tebang dan ditebang ? .

Teknologi yang semakin berkembang tentunya akan memberi jalan keluar , sebagai contoh :

Sebuah Perusahaan mengirimkan Tagihan Bulanan ke 20 juta pelanggannya , dapatkah anda bayangkan berapa kertas yang dihabiskan dan biaya yang dikeluarkan untuk menyampaikan Tagihan tersebut ? Belum lagi bila tagihan tersebut tidak sampai ke Orang tersebut.



Kini kita mengenal SMS dan Email , mengapa Perusahaan tersebut tidak memanfaatkan Teknologi ini . SMS ( Short Message System ) memungkinkan pelanggan menerima Tagihan tersebut dimanapun . Sedangkan Email memungkinkan pelanggan mengakses Tagihan tersebut.

Dan dapatkah anda membayangkan ? Berapa biaya yang dapat dihemat ?

Masalah lainnya yaitu , Buku ( Textbook ) menggunakan kertas yang cukup banyak . Bayangkan saja jika buku kita 200 halaman , berapa banyak kertas yang digunakan ? . E-Book merupakan solusinya , dikarenakan E-Book dapat diperbanyak tanpa menggunakan kertas dan E-Book bersifat Permanently ! Jadi , kita tidak perlu buang - buang kertas untuk sebuah Buku..




Kesemua hal diatas merupakan pemborosan kertas , yang seringkali kita tidak sadari . Dan mungkin saja kita sadari tetapi , kita tidak dapat untuk mencegah hal itu terjadi.

Tentunya pemanfaatan media - media elektronik tersebut akan mendukung gerakan Go Green , marilah kita memulai dari lingkungan kita untuk menggunakan Kertas secara bijak.

Categories:

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.